KPU
logo

00

HARI

00

JAM

00

MENIT

00

DETIK

by admin kpu-samarinda on: 2020-09-30 13:27:48

KPU Samarinda Maksimalkan Kinerja Tahapan Perbaikan DPS

SAMARINDA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda memaksimalkan kinerja dalam tahapan perbaikan dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020.

Anggota KPU Samarinda Dwi Haryono mengaku sangat bersungguh-sunggguh dalam proses menuju penetapan daftar pemilih tetap ini.

Kesungguhan yang dimaksud ialah bagaimana proses sosialisasi, serta informasi apapun diumumkan melalui berbagai instrumen, baik itu radio, media sosial, bahkan membuat posko pelayanan diseluruh Kelurahan, Kecamatan, dan juga Kantor KPU Samarinda.

Selain membuka pelayanan, pihaknya juga melakukan uji publik terkait daftar pemilih pada tingkatan Kelurahan, Kecamatan, dan Kota Samarinda.

Beberaoa hal itu dilakukan agar ketika terdapat pemilih yang belum terakomodir dapat dimasukan dalam daftar pemilih, kemudian dapat juga untuk memperbaiki data apabila terdapat hal yang keliru, maupun mengeluarkan pemilih dari daftar pemilih jika sudah tidak memenuhi syarat.

"Misalnya kalau pindah domisili, meninggal dunia, atau ada warga sipil yang jadi TNI atau Polri," kata Dwi, Rabu (30/9/2020) hari ini.

Menurutnya, mengenai daftar pemilih saat ini yang masih sementara, juga masih dapat dilakukan perubahan-perubahan, karena manusia dinamis tidak statis, sehingga terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi dari daftar pemilih itu.

"Karena kevalidan data akan berpengaruh pada jumlah partisipasi, yang terdata dan menggunakan, makin valid maka partisipasi juga akan makin akurat, zero invalid zero ganda," sebut Dwi. (adv)

Berita ini telah terbit sebelumnya pada Korankaltim.com 30/09/2020

Latest post

 

tentang-kpu-samarinda

PENGUMUMAN