KPU
logo

00

HARI

00

JAM

00

MENIT

00

DETIK

by admin kpu-samarinda on: 2020-09-30 13:20:13

KPU Samarinda Lindungi Hak Pilih, Buka 3 TPS Baru

SAMARINDA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) perlindungan hak pilih bagi pemilih di rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan (Lapas) pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda tahun 2020.

Rakor yang dilakukan secara tatap muka di ruang rapat Kantor KPU Samarinda dihadiri sejumlah elemen,  antara lain Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Polresta Samarinda, Rutan Kelas II A, Lapas Narkotika, Lapas Kelas II, dan Balai Rehabilitasi Narkotika.

Komisioner KPU Kota Samarinda, Dwi Haryono mengatakan pertemuan ini sangat penting dan cukup krusial, karena masyarakat binaan pun memiliki hak untuk memilih. "Jadi harus kita akomodir keseluruhan, dan jaga hak pilihnya," kata Dwi, Selasa (29/9/2020) tadi.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) KPU Nokor 818 Tahun 2020, warga binaan yang memenuhi syarat akan dimasukan dalam Tempat Pemungutan Suara (TPS) tersendiri. Hal ini  memberikan kewenangan KPU agar dapat mendirikan TPS di dalam lapas ataupun rutan apabila pemilihnya cukup signifikan, sedangkan jika pemilihnya sedikit, akan dimasukan dalam TPS terdekat.

"Kemungkinan Rutan Kelas II A, Lapas Kelas II A dan Lapas Narkotika akan dibentuk TPS baru, sedangkan Balai Rehabilitasi akan digabungkan dengan TPS terdekat," sebut Dwi. (adv)

Berita ini telah terbit sebelumnya pada Korankaltim.com 29/09/2020

 

Latest post

 

tentang-kpu-samarinda

PENGUMUMAN