KPU
logo

00

HARI

00

JAM

00

MENIT

00

DETIK

by admin kpu-samarinda on: 2020-04-29 10:28:07

Soal Penundaan Pilkada Karena Wabah Virus Corona, KPU Samarinda Masih Menunggu Perppu

 

Soal penundaan Pilkada karena wabah Virus Corona, KPU Samarinda masih menunggu Perppu

Terkait penundaan pemilihan kepala daerah atau Pilkada, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda berharap ada landasan hukum untuk kepastian tersebut.

Untuk itu, KPU Samarinda berharap peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) dapat diterbitkan.

"Perppu harusnya dibuatkan, sehingga bisa jadi acuan terbaru kami terkait bagaimana menyikapi tentang pelaksanaan Pilkada ini,"," kata Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat, saat dihubungi via telepon, Senin (14/3/2020).

Hingga saat ini, karena pandemi Virus Corona atau covid-19 komisioner dan staf KPU Samarinda masih menerapkan kerja dari rumah atau work from home (WFH).

Meski akan ditunda, namun sejunlah pekerjaan administratif masih berjalan, seperti pemutakhiran data pemilih. Namun, pertemuan secara langsung dibatasi, dan hanya memanfaatkan pertemuan secara virtual.

 

"Sejak pertengahan Maret 2020 lalu karena adanya himbauan antisipasi penyebaran bahayanya covid-19," jelas Firman Hidayat.

Begitu juga dengan rencana realokasi anggaran Pilkada untuk penanganan covid-19. KPU Samarinda sedang merekapitulasi penggunaan dana hibah yang telah terpakai dan memastikan sisa dana sesuai.

"Hal itu juga menjadi salah aktifitas yang tengah dilakukan KPU Kota Samarinda, merekap penggunaan anggaran yang telah terpakai selama proses tahapan," kata Firman.

Sehingga, saat pengembalian dana hibah, KPU Samarinda dapat mengembalikannya lengkap dengan laporan penggunaan anggaran. (*)

 

 

 

Latest post

 

tentang-kpu-samarinda

PENGUMUMAN